Ketentuan Penggunaan

Pendahuluan

PT Cakra Jasa Pasific (selanjutnya disebut “pif.myclub.id”) adalah suatu perseroan terbatas yang salah satu jenis usahanya bergerak di bidang jasa portal web. pif.myclub.id dalam hal ini menyediakan Platform perdagangan elektronik (e-commerce) di mana Pengguna dapat melakukan transaksi jual-beli barang, pemesanan event dan menggunakan berbagai fitur serta layanan yang tersedia. Setiap pihak yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mengakses Platform pif.myclub.id untuk kemudian membuka toko, menjual barang, membeli barang, memesan event, pengelolaan event menggunakan fitur/layanan, atau hanya sekadar mengakses/mengunjungi Platform pif.myclub.id. Sebagai penunjang bisnis dan penyedia Platform perdagangan elektronik, pif.myclub.id menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para Pengguna.

Aturan Penggunaan ini mengatur penggunaan seluruh layanan yang terdapat pada Platform pif.myclub.id yang berlaku terhadap seluruh Pengguna dan terhadap setiap Pihak yang menyampaikan permintaan atau informasi kepada pif.myclub.id. Dengan mendaftar akun pif.myclub.id dan/atau menggunakan Platform pif.myclub.id, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam Aturan Penggunaan.

ATURAN PENGGUNAAN INI MERUPAKAN BENTUK KESEPAKATAN YANG MERUPAKAN PERJANJIAN MENGIKAT ANTARA PENGGUNA DENGAN pif.myclub.id. PENGGUNA SECARA SADAR DAN SUKARELA MENYETUJUI KETENTUAN INI UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN DI PLATFORM pif.myclub.id.

Definisi

Dalam Aturan Penggunaan ini, sepanjang tidak ditentukan lain, istilah-istilah di bawah ini mempunyai arti sebagai berikut:

  1. Pengguna adalah pihak (terdaftar/tidak terdaftar) yang mengakses Platform pif.myclub.id, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli dan Penjual (Pelapak), mitra, user offline, klien yang mana wajib mematuhi Aturan Penggunaan pif.myclub.id beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi pif.myclub.id.
  2. Akun adalah data tentang Pengguna, minimum terdiri dari username, password, nomor telepon, dan email yang wajib diisi oleh Pengguna Terdaftar.
  3. Platform pif.myclub.id adalah situs resmi www.pif.myclub.id.com dan seluruh microsite resmi beserta aplikasi resmi pif.myclub.id (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna termasuk Afiliasi, pihak ketiga yang bekerjasama dengan pif.myclub.id
  4. Barang adalah suatu objek yang memiliki wujud dan nilai jual beli yang memenuhi kriteria pengiriman pihak penyelenggara jasa ekspedisi pengiriman Barang.
  5. Event adalah suatu kegiatan yang bersifat komersial maupun tidak komersial yang diselenggarakan oleh Event Creator yang menggunakan jasa layanan Platform kami untuk menunjang kegiatan acara tersebut.
  6. Event Creator adalah setiap individu, perkumpulan, badan hukum, dan/atau berbagai badan hukum lainnya yang menyelenggarakan Event sebagai penyelenggara, promotor, panitia dan/atau pemilik yang bekerjasama dengan kami menggunakan layanan Platform kami termasuk namun tidak terbatas pada layanan yang kami sediakan di Situs.
  7. Layanan adalah secara kolektif: (i) Platform pif.myclub.id; (ii) Konten, fitur, layanan, dan fungsi apa pun yang tersedia di atau melalui Platform oleh atau atas nama pif.myclub.id, termasuk Layanan Partner; dan pemberitahuan email, tombol, widget, dan iklan termasuk kerjasama pif.myclub.id dengan pihak ketiga untuk pengembangan aplikasi dan pengembangan kegiatan usaha pif.myclub.id.
  8. Aturan Penggunaan adalah perjanjian antara Pengguna dan pif.myclub.id yang berisi seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan pif.myclub.id, serta tata cara penggunaan sistem layanan pif.myclub.id.
  9. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan penjualan dan/atau penawaran Barang kepada para Pengguna melalui lapak di Platform pif.myclub.id serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan pif.myclub.id beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi pif.myclub.id.
  10. Pembeli adalah Pengguna terdaftar atau tidak terdaftar yang melakukan pembelian Barang yang dijual oleh Penjual (Pelapak) di Platform pif.myclub.id serta wajib mematuhi Aturan Penggunaan pif.myclub.id beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi pif.myclub.id.
  11. pif.myclub.id Payment System adalah sistem pembayaran yang difasilitasi oleh pif.myclub.id untuk para Pengguna melakukan transaksi jual-beli di Platform pif.myclub.id.
  12. Saldo adalah jumlah dana pada akun Pengguna setelah semua transaksi dan operasi perdagangan dihitung, termasuk untuk operasi nonperdagangan, yakni Penambahan Dana dan Penarikan dana. Saldo terdiri dari BukaDompet dan Dana.
  13. Toko adalah tempat dimana Penjual (Pelapak) dapat menawarkan dan/atau menjual barang dagangannya yang terdapat pada Platform pif.myclub.id.
  14. Barang Terlarang adalah adalah barang yang dilarang diperdagangkan oleh Penjual (Pelapak) di Platform pif.myclub.id berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan kebijakan internal pif.myclub.id.
  15. Platform Distribusi Aplikasi yaitu layanan resmi yang dikembangkan dan dikelola oleh:
    • Apple Inc (dengan merek dagang “App Store”, untuk pengguna yang menggunakan perangkat iOS); dan/atau
    • Google LLC (dengan merek dagang “Google Play” untuk pengguna yang menggunakan perangkat Android); dan/atau
    • Platform Distribusi Aplikasi resmi lainnya yang dapat digunakan oleh Pengguna layanan untuk menjelajah dan mengunduh aplikasi yang tersedia di platform tersebut.
  16. Data / Informasi Pribadi adalah data terkait dengan Pengguna yang dapat teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasikan dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui sistem Elektronik dan/atau non elektronik

Layanan

  1. Platform
    • pif.myclub.id mengelola dan menyediakan Platform bagi Pengguna untuk melakukan penjualan, promosi, mengunggah konten, serta melakukan pembelian barang yang sesuai dengan Aturan Penggunaan pif.myclub.id dengan alamat Situs www.pif.myclub.id.com dan seluruh microsite beserta aplikasi pif.myclub.id (berbasis Android dan iOS) yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler Pengguna.
    • Sebagai pihak penyedia Platform, pif.myclub.id tidak berperan sebagai penjual barang, melainkan sebagai media perantara bagi Penjual dan Pembeli untuk melakukan transaksi melalui Platform pif.myclub.id. Mohon untuk melihat point tentang pembebasan tanggung jawab.
    • pif.myclub.id dapat atau tidak dapat melakukan penyaringan awal terhadap Pengguna atau Konten atau informasi yang diunggah oleh Pengguna di Platform pif.myclub.id, sehingga pif.myclub.id berhak untuk menghapus setiap Konten atau informasi yang diunggah oleh Pengguna di Platform pif.myclub.id apabila dianggap perlu dari waktu ke waktu. Keputusan pif.myclub.id merupakan keputusan mutlak yang tidak dapat diubah/digugat oleh Pengguna.
  2. Sistem Pembayaran

    pif.myclub.id bekerja sama dengan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (Bank dan Non-Bank) resmi yang diawasi oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk menyediakan sistem pembayaran guna memudahkan dan mengamankan setiap transaksi yang berlangsung di Platform pif.myclub.id bagi para Pengguna baik Pembeli maupun Pelapak (Penjual). Metode Pembayaran yang disediakan melalui Platform pif.myclub.id, antara lain:

    • Transfer Bank
    • Cicilan Kartu Kredit
    • Virtual Account
    • Cicilan Non-Kartu Kredit
    • Internet Banking
    • Payment Gateway
    • Direct Debit
    • Uang Elektronik
    • Chat/Kirim Pesan a. pif.myclub.id menyediakan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” bagi Pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain antar Pengguna baik Pelapak (Penjual) maupun Pembeli, untuk menanyakan produk yang ingin dibeli sesuai dengan Aturan Penggunaan. Melalui fitur “Chat” / “Kirim Pesan”, Pembeli dapat menanyakan barang yang hendak dibeli kepada Pelapak (Penjual), yakni terkait dengan harga barang, ketersediaan stok barang, ataupun hal lainnya yang dapat mempengaruhi kondisi barang yang dibeli oleh Pembeli. Terdapat beberapa fungsi yang terdapat pada Layanan “Chat” / “Kirim Pesan”, antara lain: * Daftar “Chat” / “Kirim Pesan” - Mengaktifkan atau mematikan notifikasi suara. - Mematikan “Chat” / “Kirim Pesan”. - Membuka halaman Kirim Pesan. - Melakukan pencarian Kirim Pesan. - Membuka jendela “chat” dari daftar Kirim Pesan. - Membuka jendela “chat” dari daftar langganan. * Jendela “Chat” / “Kirim Pesan”: - Melaporkan pengguna yang mengirimkan chat/pesan. - Memblokir pengguna yang mengirimkan chat/pesan. - Membuka chat/pesan yang dikirimkan pengguna lain, di halaman pesan. - Melihat lapak pengguna yang mengirimkan chat/pesan. - Mengirim chat/pesan. - Melampirkan file foto/gambar (barang jualan milik pengguna lain, barang jualan milik sendiri, gambar). b. Pengguna disarankan untuk tidak menggunakan fitur “Chat” / “Kirim Pesan” selain untuk kepentingan bertransaksi di pif.myclub.id.
    • Ekspedisi Pengiriman Barang pif.myclub.id bekerja sama dengan Partner Ekspedisi Pengiriman Barang Resmi untuk menyediakan pilihan metode pengiriman barang, guna memudahkan setiap transaksi yang berlangsung di Platform pif.myclub.id, bagi para Pengguna baik Pembeli maupun Pelapak (Penjual), kecuali untuk Layanan Ambil Sendiri. Adapun Partner Ekspedisi Pengiriman Barang Resmi yang telah bekerja sama dengan pif.myclub.id, antara lain: a. Ninja Xpress b. TIKI c. J&T d. Go-Send e. Pos Indonesia f. SiCepat g. Grab h. JNE i. Wahana j. Alfatrex k. Lion Parcel
    • Saldo a. pif.myclub.id Credit * pif.myclub.id Credit merupakan sarana penampung dana yang disediakan oleh pif.myclub.id kepada setiap pengguna terdaftar. pif.myclub.id Credit dapat menyimpan dana hasil penjualan (remit), dana hasil pengembalian transaksi (refund), dan dana pembayaran transaksi. * Pengguna dapat mengelola saldo pif.myclub.id Credit masing-masing dengan melakukan pencairan (withdrawal) ke rekening bank yang didaftarkan. Melalui pif.myclub.id Credit. * Terdapat 3 tab status pada fitur pif.myclub.id Credit, yaitu Mutasi, Pending dan Credits. Tab Mutasi menyimpan informasi penambahan dan pengurangan saldo pif.myclub.id Credit yang berhasil dilakukan. Tab Pending menyimpan informasi penambahan dan pencairan yang belum berhasil atau tertunda. Sedangkan tab Credits menyimpan saldo yang dibeli,reward atau hadiah yang didapatkan dari pif.myclub.id.
    • Pengiriman a. Pengiriman adalah layanan pengiriman barang yang disediakan oleh pif.myclub.id bagi Pengguna, di mana pif.myclub.id bekerja sama dengan pihak jasa ekspedisi sebagai pihak penyedia jasa pengiriman barang. b. Dalam hal ini pif.myclub.id hanya berperan sebagai media perantara antara Pengguna layanan Pengiriman dengan pihak jasa ekspedisi pengiriman barang. c. Pengguna tidak wajib berperan sebagai Penjual atau memiliki lapak di Platform pif.myclub.id untuk menggunakan layanan Pengiriman, sehingga layanan Pengiriman dapat digunakan oleh siapa pun yang hendak melakukan pengiriman barang yang telah memiliki akun pif.myclub.id. d. Pengguna yang menggunakan layanan Pengiriman dapat melakukan pemantauan terhadap barang yang dikirim melalui sistem pif.myclub.id. e. Segala bentuk peraturan terkait dengan syarat dan ketentuan pengiriman barang dalam layanan Pengiriman sepenuhnya ditentukan oleh pihak jasa ekspedisi pengiriman barang dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak jasa ekspedisi pengiriman barang. f. Pengguna layanan Pengiriman wajib membaca, memahami, serta mengikuti syarat dan ketentuan pengiriman barang yang ditentukan oleh pihak jasa ekspedisi pengiriman barang. g. Pengguna layanan Pengiriman bertanggung jawab penuh atas barang yang dikirimnya. h. Segala bentuk risiko dan kerugian yang timbul akibat kerusakan, kehilangan, kecacatan atau kekurangan jumlah pada barang selama proses pengiriman barang berlangsung ataupun pada saat proses pengiriman barang telah selesai, sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari pihak jasa ekspedisi.